

DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA DENPASAR
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
NEGERI 3 DENPASAR
Jalan Jepun No 5 Denpasar Bali, telepon (0361)
224546, Fax (0361)422688
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 3 Denpasar
Mata Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas/Semester : VII A/ I (Ganjl)
Materi Pokok : Aksara
Bali
Sub Materi Pokok : Pasang Aksara Bali
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x
Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.3 Menghargai dan mensukuri keberadaan bahasa Daerah Bali sebagai anugrah
Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
|
2.
|
2.1 Memiliki perilaku jujur dan kreatif
dalam memaparkan langkah langkah suatu proses berbentuk linear.
2.2 Memiliki
perilaku kreatif, tanggung jawab dan santun dalam mendiskusikan sudut pandang
tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat Bali.
|
|
3.
|
3.7
Memahami syarat-syarat penulisan huruf Bali
(Pasang Aksara Bali) dengan benar
|
3.7.1
Menjelaskan pengertian Pasang Aksara Bali yang tepat.
3.7.2
Menyebutkan contoh pasang aksara Bali.
|
4.
|
4.1
Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri makna teks cerita Bali secara lisan maupun tulisan secara santun
dan percaya diri
|
4.1.1 Menjawab pertanyaan
tentang ciri-ciri Pasang Aksara Bali.
4.1.2 menjawab pertanyaan
tentang Pasang Aksara Bali.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dalam kegiatan pembelajaran siswa
menggunakan bahasa Bali, untuk memahami informasi secara lisan dan tulisan
sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab dan mensyukuri keberadaan bahasa Bali
sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Melalui diskusi siswa menunjukkan
perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah serta aturan-aturan penggunaan
pasang aksara Bali.
3.
Siswa menunjukkan perilaku kreatif,
mandiri dalam memaparkan dan menjelaskan pengertian dan tatat cara pasang
aksara Bali.
4. Menjawab
pertanyaan tentang syarat penulisn huruf Bali dengan penuh rasa tanggung jawab.
5.
Membuat atau menulis kata dan kalimat
bahasa Bali sesuai pasang aksara Bali dengan kerja keras.
D. Materi
Pembelajaran
Pasang Aksara Bali
Pasang aksara
Bali inggih punika uger-uger nyurat aksara Bali. Uger-uger punika mange wantah
kaangge sepat siku-siku, titi pangancan ri kalaning nyuratang aksara Bali,
punika sane ngawinang ri kala nyurat aksara nenten dados lempas ring uger-uger
pasang aksannyane.
C.1.
Pasang aksara ,n, kagantungin antuk gantungan …Ç.
miwah gantungan …é.
, na punika kagentosin antuk aksara nya ( z
).
Umpami :
Panji : pzéi,
Panca :pzÇ,
C.2. Pasang Aksara ,d,
kagantungin antuk ,…ñ.,,
aksara da punika kagentosin antuk aksara ja ( j
).
Umpami
:
Pradnyan : pÉjñn/,
Widnyana : wijñn,
C.3.
Pasang Aksara ,s, kagantungin antuk
gantungan …Ç.
Umpami
:
Pascad : p]Çd/,
Pascima : p]Çim,
C.4.
Pasang Aksara r,
Saluiring
kruna lingga yening aksarannyane eing arep aksara ,r,
utawi ,…(,,
…É,,
Ï,,
…Ì,,
…»,
ring ungkuripun aksara ,n,, na punika
kagentosin antuk ,x, na rambat.
Umpami :
Purnama : pU(xm,
Prani : pËxi,
C.5. Yening wenten surang (… ( ) ring ungkur ipun
wenten aksara na ( n ) aksara na punika
kagentosin antuk na rambat ( x ), yening
wenten aksara sa ( s ) kagentosin antuk sa
sapa ( ³
), yening marupa aksara ta ( t ), kagentosin
antuk aksara ta tawa ( q ). Umpami :
Warna : w(x,
Warsa : w(³,
Karta : k(q,
C.6. Saluiring kruna lingga yening wenten aksara ka
( k
) kagempelin antuk sa (…Š), sa punika kagentosin
antuk gempelan sa sapa (…×). Umpami :
Jaksa : jk×,
Paksi : pk×i,
E.
Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Pendekatan struktural
b.
Model Pembelajaran : Model Pembelalajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
c.
Metode Pembelajaran : Metode
ceramah, metode tanya
jawab, metode
diskusi, dan metode penugasan.
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media
-
Power
point tentang Pasang
Aksara Bali.
-
Peta Konsep Pasang Aksara Bali
b. Alat/Bahan
-
Laptop
-
LCD
-
Papan tulis
-
Spidol
c. Sumber
Belajar
-
Buku Bahasa Bali Pangkaja Sari Untuk
Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII (A.A Bagus Setiawan, S.S.).
-
LKS Sanjiwani Buku Pendamping Materi
Bahasa Bali Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester Ganjil.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru bersama siswa membuka pelajaran dengan
mengucapkan salam panganjali umat “Om
Swastyastu”.
2) Guru bersama siswa berdoa
sebelum belajar dengan mengucapkan “Om
Awighnamastu namo sidham”.
3) Guru
melakukan pengkondisian kelas/absensi siswa.
4) Orientasi
materi:
a) Melihat
gambar tampilan slide Pasang Aksara Bali
b) Guru
menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pelajaran.
c) Guru
menanyakan apersepsi yang terkait dengan materi yang akan
dipelajari, yaitu Pasang Aksara Bali
d) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
|
5
menit
|
Inti
|
1)
Mengamati
Peserta didik membaca
teks/wacana “Tektekan” dan
menemukan kata-kata yang mengandung pasang aksara.
2)
Menanya
a) Guru
memberikan pemaparan dan menanyakan definisi pasang aksara Bali dengan
jujur.
b) Peserta
didik mengajukan pertanyaan seputar Pasang
aksara yang diperolehnya dari hasil mengamati wacana “Tektekan”.
3)
Mengeksplorasikan
a) Peserta
didik menemukan contoh pasang aksara
yang terdapat dalam wacana “Tektekan”.
4)
Mengasosiasikan
a) Peserta
didik menjawab pertanyaan pada soal halaman 33 buku Pangkaja Sari dengan
penuh rasa tanggungg jawab.
b) Guru
menanggapi dan memberikan penjelasan terkait pertanyaan peserta didik.
c) Guru
memberikan penghargaan pada siswa yang berhasil dalam belajarnya.
5)
Mengomunikasikan
a) Peserta
didik menyampaikan hasil penemuan pasang
aksara dalam wacana “Tektekan”
di depan kelas di hadapan teman-temannya.
|
70
menit
|
Penutup
|
1) Guru
menyimpulkan materi pembelajaran (pasang
aksara Bali).
2) Bersama
siswa guru merefleksikan pembelajaran tentang pasang aksara Bali.
3) Guru
memberikan tugas mandiri mengerjakan soal pada Buku Paket Pangkaja Sari
halaman 33 dari nomor 6-10.
4) Menyampaikan
materi pembelajaran berikutnya.
5)
Guru
memotivasi siswa dan memberikan umpan balik.
6)
Guru
memberi saran kepada siswa untuk belajar lagi di rumah.
7)
Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan mengucapkan
salam penutup, parama santih “Om
Santih, Santih, Santih, Om”.
|
5
menit
|
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1. Sikap
Spritual
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk : Lembar observasi
Kisi-Kisi
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik :
Kelas :
VII A
Tanggal Pengamatan :
Rabu, 24 September 2014
Materi Pokok :
Pasang Aksara
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
||||
4.
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5.
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
Pedoman
penskoran:

2. Sikap
Ilmiah
a.
Teknik :
Observasi
b.
Bentuk :
Lembar observasi
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa Ingin tahu (Curiosity)
|
|
|
|
|
2.
|
Menganalisis
permasalahan dengan baik
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan dan tanggung
jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Perilaku
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa
ingin tahu
|
3.
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok.
2.
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif
dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1.
Tidak menunjukkan antusias dalam pembelajaran, sulit terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
|
2.
|
Ketelitian dan hati-hati
|
3.
Menganalisis suatu permasalahan pada wacana,
mencari tahu dengan bertanya.
2.
Menganalisis suatu permasalahan pada wacana, kurang memahami permasalahan
pada wacana.
1. Menganalisis suatu permasalahan pada
wacana, Diam tanpa memberikan
tanggapan
|
3.
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik
secara
individu maupun
berkelompok
|
3.
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,
berupaya tepat waktu.
2. berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya.
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
Menyelesaikan tugas, dan tugasnya
tidak
selesai.
|
4.
|
Berkomunikasi
|
3.
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat peserta didik lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat peserta didik
lain.
1.
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat peserta didik lain.
|
Pedoman
penskoran:

3. Pengetahuan
a. Teknik : Tes tulis
b. Bentuk : Uraian
Kisi-Kisi
Indikator
|
Instrumen
|
Menjelaskan pengertian Pasang
Aksara.
|
1. Indayang
tatasang napi sané mawasta pasang
aksara!
|
Menyebutkan
contoh kata yang berisikan pasang
aksara Bali.
|
2. Indayang
icenin 2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara na ( n
) sane kagentosin antuk na rambat ( x)!
3. Indayang
icenin 2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara sa ( s
) sane kagentosin antuk sa sapa ( ³
)!
|
Membuat kalimat yang berisi empat
buah pasang aksara
|
4. Indayang
karyanang 4 conto lengkara mangda madaging kalih (2) sane nganggen sa sapa ( ³
), miwah kalih (2) sane nganggen na rambat ( x
)!
|
Kunci
Jawaban dan Pedoman Penskoran
Lembar
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Pasang
aksara Bali inggih punika uger-uger sane kaanggen sepat siku-siku miwah titi
pangancan ri kalaning nyuratang aksara Bali.
|
20
|
2.
|
2 (kalih) conto kruna
madaging pasang aksara na ( n
) sane kagentosin antuk na rambat ( x)
:
a) Purnama : pU(xm,
b) Prani : pËxi,
|
20
|
3.
|
2 (kalih) conto kruna
madaging pasang aksara sa ( s
) sane kagentosin antuk sa sapa ( ³
)
a) Warsa : w(³,
b) Paksi : pk×i,
|
20
|
4.
|
4 conto lengkara
mangda madaging pasang aksara
a) kalih
(2) sane nganggen sa sapa ( ³
)
a. Ida
Putu dados saksi inuni semeng.
b. Made
Gejer polih numbas paksi ring
pasar.
b) kalih
(2) sane nganggen na rambat ( x
)
a. Putu
Bagus ngambar nganggo warna crayon.
b. Sabilang
purnama istri-istrine muspa ring Pura Dalem.
|
40
|
Jumlah
|
100
|
|
Skor Maksimal
4. Keterampilan
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk : Lembar observasi
Lembar Penilaian Kinerja/Observasi
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Menjabarkan contoh dari pasang aksara
|
|
|
|
3.
|
Menafsirkan
data
|
|
|
|
4.
|
Mengomunikasikan
|
|
|
|
Rubriknya:
ASPEK YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Merumuskan pertanyaan/masalah
|
Masalah
tidak dirumuskan
|
Perumusan masalah
dilakukan dengan
bantuan
guru
|
Perumusan masalah
dilakukan secara
mandiri (individual atau kelompok)
|
Melakukan pengamatan atau pengukuran
|
Pengamatan
tidak cermat
|
Pengamatan cermat,
tetapi mengandung
interpretasi (tafsiran
terhadap
pengamatan)
|
Pengamatan cermat dan bebas
interpretasi
|
Menafsirkan
data
|
Tidak melakukan
penafsiran data
|
Melakukan analisis data,
namun tidak melakukan
upaya mengaitkan
antarvariabel
|
Melakukan analisis dan mencoba
mengaitkan
antar variabel yang
diselidiki (atau
bentuk lain, misalnya
mengklasifikasi)
|
Mengomunikasikan
|
Dilakukan secara lisan
|
Lisan dan tertulis, namun
tidak dipadukan
|
Memadukan hasil tertulis sebagai
bagian dari penyajian secara lisan
|
Pedoman
Penskoran
![]() |
|
|
|
|
|
|
||||||
If you're trying to burn fat then you need to try this brand new custom keto meal plan diet.
BalasHapusTo design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are powerful, painless, economically-efficient, and fun.
Since their grand opening in early 2019, hundreds of people have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a smart keto meal plan diet can give.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan diet.