om swastyastu

om swastyastu
om swastyastu.. selamat datang..

Jumat, 03 Juli 2015

MALAJAH NYURAT : RPP PASANG AKSARA BALI KELAS 7



SLTP 3 DENPASARPEMERINTAH KOTA DENPASAR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA DENPASAR
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 DENPASAR
Jalan Jepun No 5 Denpasar Bali, telepon (0361) 224546, Fax (0361)422688

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                   : SMP Negeri 3 Denpasar
Mata Pelajaran                        : Bahasa Bali
Kelas/Semester                        : VII A/ I (Ganjl)
Materi Pokok                          : Aksara Bali
Sub Materi Pokok                   : Pasang Aksara Bali
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti  
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.3  Menghargai dan mensukuri keberadaan bahasa Daerah Bali sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

2.
2.1  Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah langkah suatu proses berbentuk linear.
2.2  Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab dan santun dalam mendiskusikan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat Bali.

3.
3.7 Memahami syarat-syarat penulisan huruf Bali  (Pasang Aksara Bali) dengan benar
3.7.1        Menjelaskan pengertian Pasang Aksara Bali yang tepat.
3.7.2        Menyebutkan contoh pasang aksara Bali.
4.
4.1 Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri makna teks cerita Bali   secara lisan maupun tulisan secara santun dan percaya diri
4.1.1    Menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri  Pasang Aksara Bali.
4.1.2    menjawab pertanyaan tentang Pasang Aksara Bali.


C.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Dalam kegiatan pembelajaran siswa menggunakan bahasa Bali, untuk memahami informasi secara lisan dan tulisan sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab dan mensyukuri keberadaan bahasa Bali sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Melalui diskusi siswa menunjukkan perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah serta aturan-aturan penggunaan pasang aksara Bali.
3.      Siswa menunjukkan perilaku kreatif, mandiri dalam memaparkan dan menjelaskan pengertian dan tatat cara pasang aksara Bali.
4.      Menjawab pertanyaan tentang syarat penulisn huruf Bali dengan penuh rasa tanggung jawab.
5.      Membuat atau menulis kata dan kalimat bahasa Bali  sesuai pasang aksara Bali dengan kerja keras.


D.     Materi Pembelajaran
Pasang Aksara Bali

Pasang aksara Bali inggih punika uger-uger nyurat aksara Bali. Uger-uger punika mange wantah kaangge sepat siku-siku, titi pangancan ri kalaning nyuratang aksara Bali, punika sane ngawinang ri kala nyurat aksara nenten dados lempas ring uger-uger pasang aksannyane.
C.1. Pasang aksara  ,n,  kagantungin antuk gantungan …Ç. miwah gantungan …é. , na punika kagentosin antuk aksara nya ( z ).
Umpami :
Panji          : pzéi,
Panca         :pzÇ,
C.2. Pasang Aksara ,d, kagantungin antuk ,ñ.,, aksara da punika kagentosin antuk aksara ja ( j ).
Umpami :
Pradnyan   : pÉjñn/,
Widnyana  : wijñn,
C.3. Pasang Aksara ,s, kagantungin antuk gantungan …Ç.
Umpami :
Pascad       : p]Çd/,
Pascima     : p]Çim,
C.4. Pasang Aksara r,
Saluiring kruna lingga yening aksarannyane eing arep aksara ,r, utawi ,(,, …É,, Ï,, …Ì,, …», ring ungkuripun aksara ,n,, na punika kagentosin antuk ,x, na rambat. Umpami :
Purnama    : pU(xm,
Prani          : pËxi,
C.5. Yening wenten surang (… (  ) ring ungkur ipun wenten aksara na ( n ) aksara na punika kagentosin antuk na rambat ( x ), yening wenten aksara sa ( s ) kagentosin antuk sa sapa ( ³ ), yening marupa aksara ta ( t ), kagentosin antuk aksara ta tawa ( q ). Umpami :
Warna      : w(x,
Warsa       : w(³,
Karta        : k(q,
C.6. Saluiring kruna lingga yening wenten aksara ka ( k ) kagempelin antuk sa (…Š), sa punika kagentosin antuk gempelan sa sapa (…×). Umpami :
Jaksa          : jk×,
Paksi          : pk×i,

E.     Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan                 : Pendekatan struktural
b.      Model Pembelajaran   : Model Pembelalajaran discovery learning dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
c.       Metode Pembelajaran : Metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.      Media 
-          Power point tentang Pasang Aksara Bali.
-          Peta Konsep Pasang Aksara Bali
b.      Alat/Bahan                 
-          Laptop
-          LCD
-          Papan tulis
-          Spidol
c.       Sumber Belajar                       
-          Buku Bahasa Bali Pangkaja Sari Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII (A.A Bagus Setiawan, S.S.).
-          LKS Sanjiwani Buku Pendamping Materi Bahasa Bali Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester Ganjil.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1)      Guru bersama siswa membuka pelajaran dengan mengucapkan salam panganjali umat “Om Swastyastu”.
2)      Guru bersama siswa berdoa sebelum belajar dengan mengucapkan “Om Awighnamastu namo sidham”.
3)      Guru melakukan pengkondisian kelas/absensi siswa.
4)      Orientasi materi:
a)      Melihat gambar tampilan slide Pasang Aksara Bali
b)      Guru menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pelajaran.
c)      Guru menanyakan apersepsi yang terkait dengan materi yang akan dipelajari, yaitu Pasang Aksara Bali
d)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


5 menit
Inti
1)      Mengamati
Peserta didik membaca teks/wacana “Tektekan” dan menemukan kata-kata yang mengandung pasang aksara.
2)      Menanya
a)      Guru memberikan pemaparan dan menanyakan definisi pasang aksara Bali dengan  jujur.
b)      Peserta didik mengajukan pertanyaan seputar Pasang aksara yang diperolehnya dari hasil mengamati wacana Tektekan”.
3)      Mengeksplorasikan
a)      Peserta didik menemukan contoh pasang aksara yang terdapat dalam wacana “Tektekan”.
4)      Mengasosiasikan
a)      Peserta didik menjawab pertanyaan pada soal halaman 33 buku Pangkaja Sari dengan penuh rasa tanggungg jawab.
b)      Guru menanggapi dan memberikan penjelasan terkait pertanyaan peserta didik.
c)      Guru memberikan penghargaan pada siswa yang berhasil dalam belajarnya.
5)      Mengomunikasikan
a)      Peserta didik menyampaikan hasil penemuan pasang aksara dalam wacana “Tektekan” di depan kelas di hadapan teman-temannya.


70 menit
Penutup
1)      Guru menyimpulkan materi pembelajaran (pasang aksara Bali).
2)      Bersama siswa guru merefleksikan pembelajaran tentang pasang aksara Bali.
3)      Guru memberikan tugas mandiri mengerjakan soal pada Buku Paket Pangkaja Sari halaman 33 dari nomor 6-10.
4)      Menyampaikan materi pembelajaran berikutnya.
5)      Guru memotivasi siswa dan memberikan umpan balik.
6)      Guru memberi saran kepada siswa untuk belajar lagi di rumah.
7)      Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup, parama santih “Om Santih, Santih, Santih, Om”.


5 menit

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Sikap Spritual
a.       Teknik             : Observasi
b.      Bentuk                        : Lembar observasi
Kisi-Kisi
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek () pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
      4    = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
      3    = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak   melakukan
      2    = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
      1    = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                :
Kelas                                       : VII A
Tanggal Pengamatan               : Rabu, 24 September 2014
Materi Pokok                          : Pasang Aksara
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4.
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor




Pedoman penskoran: 
                                               

2.      Sikap Ilmiah
a.       Teknik             : Observasi
b.      Bentuk                        : Lembar observasi
Pengamatan Perilaku Ilmiah
No.
Aspek yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Rasa Ingin tahu (Curiosity)




2.
Menganalisis permasalahan dengan baik




3.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar






Rubrik Penilaian Perilaku
No.
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan
rasa ingin tahu
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
    antusias, aktif dalam   dalam kegiatan  kelompok.
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
    terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pembelajaran, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketelitian dan hati-hati
3. Menganalisis suatu permasalahan pada wacana,  mencari tahu dengan bertanya.
2. Menganalisis suatu permasalahan pada wacana, kurang memahami permasalahan pada wacana.
1.  Menganalisis suatu permasalahan pada wacana,  Diam tanpa memberikan tanggapan
3.
Ketekunan dan tanggungjawab  dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun
berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat  waktu.
2.  berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan 
     tugas, namun belum menunjukkan upaya
     terbaiknya.
1.  Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
     Menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak  
     selesai.
4.
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat peserta didik lain 
2.  Aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut 
     mengemukaan gagasan  atau ide, menghargai pendapat peserta didik lain.
1. Aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat peserta didik lain.

Pedoman penskoran:
                                     

3.      Pengetahuan
a.       Teknik             : Tes tulis
b.      Bentuk                        : Uraian
Kisi-Kisi
Indikator
Instrumen
Menjelaskan pengertian Pasang Aksara.
1.    Indayang tatasang napi sané mawasta pasang aksara!
Menyebutkan contoh kata yang berisikan pasang aksara Bali.
2.   Indayang icenin 2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara na ( n ) sane kagentosin antuk na rambat (  x)!
3.   Indayang icenin 2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara sa ( s ) sane kagentosin antuk sa sapa ( ³ )!
Membuat kalimat yang berisi empat buah pasang aksara
4.     Indayang karyanang 4 conto lengkara mangda madaging kalih (2) sane nganggen sa sapa ( ³ ), miwah kalih (2) sane nganggen na rambat ( x )!

Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Lembar Penilaian Pengetahuan
No.
Jawaban
Skor
1.
Pasang aksara Bali inggih punika uger-uger sane kaanggen sepat siku-siku miwah titi pangancan ri kalaning nyuratang aksara Bali.
20
2.
2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara na ( n ) sane kagentosin antuk na rambat (  x) :
a)      Purnama  : pU(xm,
b)      Prani        : pËxi,
20
3.
2 (kalih) conto kruna madaging pasang aksara sa ( s ) sane kagentosin antuk sa sapa ( ³ )
a)      Warsa      : w(³,
b)      Paksi       : pk×i,
20
4.
4 conto lengkara mangda madaging pasang aksara
a)      kalih (2) sane nganggen sa sapa ( ³ )
a.       Ida Putu dados saksi inuni semeng.
b.      Made Gejer polih numbas paksi ring pasar.
b)      kalih (2) sane nganggen na rambat ( x )
a.       Putu Bagus ngambar nganggo warna crayon.
b.      Sabilang purnama istri-istrine muspa ring Pura Dalem.
40
Jumlah
100

X 100

 
Skor     =          Skor Diperoleh
                        Skor Maksimal 
4.      Keterampilan
a.       Teknik             : Observasi
b.      Bentuk                        : Lembar observasi
Lembar Penilaian Kinerja/Observasi
NO.
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN
1
2
3
1.
Menjabarkan contoh dari pasang aksara



3.
Menafsirkan data



4.
Mengomunikasikan




Rubriknya:
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN
1
2
3
Merumuskan pertanyaan/masalah
Masalah tidak dirumuskan
Perumusan masalah
dilakukan dengan
bantuan guru
Perumusan masalah
dilakukan secara
mandiri (individual atau kelompok)
Melakukan pengamatan atau pengukuran
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat,
tetapi mengandung
interpretasi (tafsiran
terhadap pengamatan)
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Menafsirkan data
Tidak melakukan
penafsiran data

Melakukan analisis data,
namun tidak melakukan
upaya mengaitkan
antarvariabel

Melakukan analisis dan mencoba mengaitkan
antar variabel yang
diselidiki (atau
bentuk lain, misalnya
mengklasifikasi)
Mengomunikasikan
Dilakukan secara lisan

Lisan dan tertulis, namun
tidak dipadukan

Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan

Pedoman Penskoran
                                               







Denpasar, 24 September 2014
Mahasiswa PKM,


Ni Kadek Ayu Dwi Melati
NIM. 11.1.2.2.1.184
 








 


 



1 komentar:

  1. If you're trying to burn fat then you need to try this brand new custom keto meal plan diet.

    To design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are powerful, painless, economically-efficient, and fun.

    Since their grand opening in early 2019, hundreds of people have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a smart keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus